Jumat, 03 Mei 2013

Resume Struktur Pasar


Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual dan beli barang bahkan jasa pun ada. Yang dimana uang di gunakan sebagai alat tukar- menukar.

Jenis-jenis pasar :
1.    Pasar Nyata
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa secara langsung.
2.    Pasar Abstrak
Dimana pasar ini terdapat penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi namun dapat dilakukan secara online.
3.    Pasar Modern
Dimana barang-barang diperjual-belikan dengan harga yang sudah ditentukan (pas) dengan layanan sendiri, pasar ini dapat brelangsung di mall seperti giant, hypermart, carrefour.

 Macam-macam pasar menurut bentuk dan strukturnya :
1.    Pasar Persaingan Sempurna
      Pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen. Contohnya : pasar hasil pertanian seperti beras, sayur mayur, cabe dan lain-lain.            
2.    Pasar Persaingan Tidak Sempurna terdiri dari :
a.       Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
          Ciri-ciri monopoli antara lain :
·         Hanya ada seorang penjual yang menguasai pasar
·         Tidak adanya barang pengganti yang memiliki persamaan produk (mirip)
b.      Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
 Ciri - ciri Oligopoli :
·         Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar.
·         Hanya ada satu beberapa pengusaha yang membuat barang / jasa yang pada dasarnya hampir sama.
c.       Pasar Duopoli adalah Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan atau penjual. Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
       Ciri-ciri pasar duopoly  :
·         Terdapat dua perusahaan di dalam pasar
·         Adanya unsur kolusi
·         Kepemimpinan harga  
d.      Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan.
          Ciri-ciri pasar monopolistik :
·         Terdapat banyak produsen atau penjual
·         Promosi penjualan harus aktif.
e.       Pasar Monopsoni  adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
           Ciri-ciri pasar monopsoni :
·         Pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga
·         Bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya hanya   satu perusahaan
·         Satu pelaku usaha menguasai penerimnaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas
f.        Pasar Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
            Ciri-ciri pasar oligopsoni:
·         Terdapat beberapa pembeli
·         Pembeli bukan konsumen tetapi pedagang
·         Barang yang dijual merupakan bahan mentah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar