Rabu, 08 Mei 2013

Puasa di Bulan Ramadhan


Sebagaimana diketahui puasa wajib ini adalah ibadah rutin bagi pemeluk agama islam yang dilakukan setahun sekali pada bulan Ramadhan, puasa itu sendiri adalah bagaimana cara kita bisa mengendalikan diri terhadap sesuatu hal, mengendalikan hawa nafsu kita. Intinya keseluruhan dari fisik dan rohani kita itu di puasakan.  

Kebanyakan diantara kita puasa itu diartikan sebagai menahan lapar dan haus saja, tentunya bukan itu tujuan utama puasa, kita dituntut untuk bisa menahan diri dengan mengharapkan ridho dari Allah. Dalam berpuasa juga secara tidak langsung kita dilatih untuk mengontrol diri, emosi dan mencoba untuk berfikir ’merasa cukup’. Dalam mengisi waktunya juga seharusnya diisi dengan amalan-amalan, seperti tadarus atau membaca alquran , ibadah wajib pun jangan kita tinggalkan di bulan puasa.

Puasa ramadhan hukumnya wajib, jadi apabila kita meninggalkannya tentunya akan mendapatkan dosa. Banyak sebagian orang yang mengaku beragama islam tetapi pada saat-saat bulan puasa datang mereka tidak berpuasa, ini tentu salah kaprah, tentu kita akan mendapat dosa, laki-laki dan perempuan pun juga tidak diperkenankan terlalu dekat di dalam bulan puasa, ini untuk menguji seberapa besar kita bisa mengendalikan diri kita .

Perbanyaklah amalan-amalan pada bulan suci ini karena di bulan Ramadhan Allah senantiasa melipatkan pahala bagi siapa yang melakukan ibadah Kepada-Nya.
Wasalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar