Senin, 06 Mei 2013

Rasa Keingintahuan





Setiap orang tentunya memiliki rasa keingintahuan terhadap sesuatu yaa kalau dalam bahasa modern atau gaul nya sih dibilang ‘kepo’.  Seseorang yang sedang mencari sesuatu dalam suatu urusannya ataupun memikirkan sesuatu pasti dalam benaknya  akan bertanya-tanya alias penasaran.  Akan tetapi , apakah orang yang ingin tahu ini cenderung  bersifat tidak baik??semuanya tergantung dari seseorang tersebut akan yang ingin diketahuinya, baru kita bisa bilang bahwa yang dilakukannya itu cenderung tidak baik.

Seseorang yang ‘mau tau urusan pribadi orang’ nah ini mungkin sedikit dari rasa keingintahuan yang dapat dibilang jelek, ini seharusnya tidak terlalu kita urusi masalah yang seperti ini. Toh urusan pribadi orang itu hanya orang yang memiliki masalah pribadi saja yang seharusnya mengurusi masalahnya, kalau kita bukan dari ‘orang terdekat’ dari orang tersebut janganlah kita terlalu ikut campur dengan masalah itu.

Kita sebagai makhluk yang dianugerahkan  Tuhan memiliki akal serta pikiran seharusnya bisa mengerti atau pun tahu mana saja yang menjadi urusan kita. Batas-batasan mengurusi masalah, yang baiknya  jika kita ingin mengetahui sesuatu hendaknya yang positif bukan hal yang tidak baik, dalam pengertian yang kita ingin tahui bukan dengan tujuan untuk mengetahui ‘aib’ seseorang misalnya.  Contoh lain yang sederhana kita sebagai mahasiswa tentunya tidak lepas dari yang namanya belajar,belajar dan belajar, kalau kita ingin tahu tentang pelajaran-pelajaran yang ada di perkuliahan nah ini tentu baik sekali untuk kita ke depan, ini tentunya tidak apa-apa.

Intinya ,apabila kita ingin tahu suatu persoalan kita harus berfikir pertama kali apakah kita pantas ataupun perlukah mengetahui masalah tersebut.
Sekian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar