ACM
(Association for Computing Machinery)
ACM
merupakan singkatan dari Association for Computing Machinery (Asosiasi untuk
Permesinan Komputer). ACM adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan computer
pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947. Anggota ACM sekitar 78.000
terdiri dari para profesional dan para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia
bermarkas besar di Kota New York. ACM diatur menjadi 170 bagian(“chapter”)
lokal dan 34 grup minat khusus (special interest group, SIG), di mana mereka
melakukan kebanyakan kegiatan mereka. Banyak dari SIG, seperti SIGGRAPH,
SIGPLAN dan SIGCOMM, mensponsori konferensi teratur yang menjadi terkenal
sebagai acara utama untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu.
SIG juga menerbitkan sejumlah jurnal khusus, majalan, dan surat berita.
ACM
juga mensponsori acara yang berhubungan dengan ilmu komputer seperti ACM
International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang mendunia, dan telah
mensponsori beberapa acara lainnya, seperti pertandingan catur antara Garry
Kasparov dan komputer IBM Deep Blue.
IEEE (Institute of Electrical and Electronics
Engineers)
IEEE
adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan
untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.
Sebelumnya
IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur
Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, sehingga organisasi ini memiliki
nama resmi IEEE saja.
IEEE
adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di
bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak
sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam
industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan
komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.
IEEE
memiliki lebih dari 300.000 anggota individual yang tersebar dalam lebih dari
150 negara. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi
terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi.
IEEE
standard association memiliki beberapa program yaitu Industry Connections
program, Corporate Program International Program, GET Program, Arc Flash, dan
NESC. Setiap tahun, IEEE-SA melakukan lebih dari 200 suara standar, suatu
proses dimana standar yang diusulkan pada saat memilih untukkeandalan teknis dan
kesehatan. Pada tahun 2005, IEEE telah dekat dengan 900 standar aktif, dengan
500 standar dalam pengembangan. Salah satu yang lebih penting adalah IEEE 802
LAN / MAN kelompok standar, dengan standar jaringan komputer digunakan secara
luas untuk keduanya (kabel ethernet) danjaringan nirkabel (IEEE 802.11). Proses
pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
1. Mengamankan Sponsor,
2. Meminta Otorisasi Proyek,
3. Perakitan Kelompok Kerja,
4. Penyusunan Standard,
5. Pemungutan suara,
6. Review Komite,
7. Final Vote.
IEEE Indonesia Section berada pada
IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE
Indonesia
Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE
Indonesia
Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
1. Chapter Masyarakat Komunikasi
(Communications Society Chapter)
2. Chapter Masyarakat Sistem dan Sirkuit
(Circuits and Systems Society Chapter)
3. Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan
Biologi (Engineering in Medicine and Biology Chapter)
4. Chapter Gabungan untuk Masyarakat
Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat Elektronik Listrik, dan
Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education Society, Electron Devices
Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society)
5. Chapter Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter
MTT/AP-S) Sesuai dengan komitmen mereka untuk kesehatan, keselamatan dan
kesejahteraan masyarakat, insinyur perangkat lunak harus mematuhi Delapan
Prinsip berikut:
1) PUBLIC – Software engineers shall act
consistently with the public interest. UMUM – Software insinyur harus bertindak
secara konsisten dengan kepentingan publik.
2) CLIENT AND EMPLOYER – Software engineers
shall act in a manner that is in the best interests of their client and employer
consistent with the public interest. KLIEN dan majikan – Software insinyur
harus bertindak dengan cara yang adalah kepentingan terbaik klien mereka dan
majikan yang konsisten dengan kepentingan publik.
3) PRODUCT – Software engineers shall ensure
that their products and related modifications meet the highest professional
standards possible. PRODUK – Software insinyur harus memastikan bahwa produk
dan modifikasi yang terkait dengan memenuhi standar profesional tertinggi
mungkin.
4) JUDGMENT – Software engineers shall
maintain integrity and independence in their professional judgment. PENGHAKIMAN
– Software insinyur harus mempertahankan integritas dan kemandirian dalam
penilaian professional mereka.
5) MANAGEMENT – Software engineering managers
and leaders shall subscribe to and promote an ethical approach to the
management of software development and maintenance. MANAJEMEN – Rekayasa
Perangkat Lunak manajer dan pemimpin harus berlangganan dan mempromosikan
pendekatan etis kepada manajemen pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan.
6) PROFESSION – Software engineers shall
advance the integrity and reputation of the profession consistent with the
public interest. PROFESI – Software insinyur harus memajukan integritas dan
reputasi profesi yang konsisten dengan kepentingan publik.
7) COLLEAGUES – Software engineers shall be
fair to and supportive of their colleagues. Kolega – Software engineer harus
bersikap adil dan mendukung rekan-rekan mereka.
8) SELF – Software engineers shall
participate in lifelong learning regarding the practice of their profession and
shall promote an ethical approach to the practice of the profession. DIRI –
Software insinyur harus berpartisipasi dalam belajar seumur hidup tentang
praktek profesi mereka dan akan mempromosikan pendekatan etis untuk praktek
profesi.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar