Senin, 15 April 2013

Mencegah Kecanduan Bermain Game Online



Pada umumnya setiap anak-anak dan remaja gemar bermain game. Seiring berkembangnya teknologi dunia game semakin canggih . Muncul berbagai macam game dari dunia maya yang secara online hadir menghibur mereka yang haus akan hiburan. Game – game online yang RPG yang memiliki tampilan grafik masa kini tampak menghiasi kehidupan anak-anak serta muda-mudi. Kini di setiap jajaran warnet terdekat sekitar kita telah nampak bermunculan. Namun Kegemaran satu ini dapat menyebabkan kita yang sering memainkannya lupa akan efek samping terberat yaitu kita akan secara tidak langsung akan sulit lepas dari game tersebut apabila kita sudah menikmati permainan game yang setiap waktu bisa kita mainkan.
Apa yang harus kita lakukan ??dibawah ini adalah sikap dan perilaku yang harus diperhatikan dan direnungkan  agar kita  bisa mengendalikan diri atau tidak ketergantungan bermain game online di warnet :
  1. Berfikirlah terhadap uang saku kita apabila kita bermain game secara terus menerus bisa membuat kerugian yang banyak pada pendapatan kita, dan juga apabila kita masih meminta kepada orang tua maka renungkan baik-baik .
  2. Sadar akan waktu yang dapat terbuang apabila kita terlalu berambisi memainkan permainan berjam-jam .
  3. Efek fisik harus kita perhatikan dan renungkan bila kita tak bisa mengendalikan bermain game online;kesehatan mata bisa saja terganggu bila kita tidak mengontrol waktu bermain.
  4. Berfikir untuk bermain game sebagai sarana hiburan bukan untuk kebutuhan yang terus menerus dipakai.
  5. Hindari rasa keinginan yang berlebih bermain game online yang bisa mengakibatkan kita malas belajar dan dapat melalaikan tugas-tugas sekolah/kuliah.
  6. Bila kita tak kenal waktu dalam bermain game online bisa juga mengakibatkan kehidupan sosial kita cenderung berkurang. Mungkin kita akan bisa kurang bergaul dengan sesama, lebih dekat dengan suatu game.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar