Selasa, 19 Maret 2013

Pemanfaatan Jejaring Sosial



Tentu sebagian besar orang di dunia mengenal berbagai media/jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog.  Lalu apa  yang sebenarnya  ingin kita dapatkan dari jejaring sosial?. Pada umumnya jejaring sosial digunakan  untuk mempermudah komunikasi antara orang yang satu dengan yang lain , menambah suatu hubungan pertemanan, sarana berdiskusi, juga sebagai lahan untuk berbinis. Apakah yang kita lakukan di dalam jejaring sosial  cenderung menunjukkan sikap positif pada setiap aktivitasnya  atau kah sebaliknya manfaatnya?.
Ada sebagian orang yang  menggunakan jejaring sosial untuk mencari pertemanan, sebagai cara untuk memperbanyak teman, tapi ada yang menggunakan media sosial sebagai modus kejahatan, sebagai contoh diantaranya ada yang sengaja membuat akun di media sosial dengan tujuan untuk merusak nama baik seseorang,contohnya di twitter ada yang membuat akun dengan selalu membuat aktifitas atau membuat tweet yang menjatuhkan nama baik seseorang.di sisi lain dalam  jejaring lain seperti blog ada orang yang membuat blog yang dapat dibilang ‘nakal’ untuk hal lain yang kurang terpuji. Ini tentu contoh perbuatan yang kurang baik dalam menggunakan jejaring sosial , perlu dipikirkan dampak negatif yang akan muncul nantinya.
Sebelum kita berniat untuk menjatuhkan seseorang di dalam media sosial hendaknya kita sadar bahwa media sosial adalah media umum yang  dimana aktivitasnya secara cepat akan bisa dilihat oleh masyarakat umum pengguna jejaring sosial. Oleh karena itu perlu sikap yang baik  dan beretika dalam menggunakan jejaring sosial. Sebaiknya juga jangan mengumbar sesuatu yang terlalu bersifat privasi  yang mungkin bisa membuka aib seseorang . Di samping itu jika anda ingin berbisnis di tempat ini , berbisnislah yang benar  untuk tujuan baik bersama.
Dalam ‘berkicau’ di dalam jejaring sosial sebaiknya juga kita harus menjaga kata-kata yang akan kita lontarkan kepada orang lain. Jangan berkata yang seharusnya tidak harus dikatakan, boleh bercanda terhadap teman asal sopan. Gunakanlah media ini sebaik-baiknya jangan kita salah gunakan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar