Pengamanan Layanan
Telematika Dalam Aspek Jaringan Komputer
Keamanan
adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jariangan
tidak mudah hilang. Sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa
menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil
ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan tertentu
untuk jaringan.
Peningkatan
keamanan jaringan ini dapat dilakukan terhadap :
1. Rahasia (privacy)
Dengan
banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menyebabkan penyembunyian data
yang sensitive menjadi sulit.
2. Keterpaduan data (data integrity)
Karena
banyak node dan pemakai berpotensi untuk mengakses system komputasi, resiko
korupsi data adalah lebih tinggi.
3. Keaslian (authenticity)
Hal
ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada system remote, akibatnya satu
host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh
host lain.
4. Convert Channel
Jaringan
menawarkan banyak kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran
data, karena begitu banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan
pesan.
Motif – motif gangguan
pada layanan telematika.
1. Interruption
suatu
aset dari suatu sistem diserang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak
dapat dipakai oleh yang berwenang. Contohnya adalah perusakan/modifikasi
terhadap piranti keras atau saluran jaringan.
2. Interception
suatu
pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses pada suatu aset. Pihak yang dimaksud
bisa berupa orang, program, atau sistem yang lain. Contohnya adalah penyadapan
terhadap data dalam suatu jaringan.
3. Fabrication
suatu
pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contohnya
adalah pengiriman pesan palsu kepada orang lain.
4. Modification
suatu
pihak yang tidak berwenang dapat melakukan perubahan terhadap suatu aset.
Contohnya adalah perubahan nilai pada file data, modifikasi program sehingga
berjalan dengan tidak semestinya, dan modifikasi pesan yang sedang
ditransmisikan dalam jaringan.
Metode pengamanan
layanan telematika.
Contoh
metode untuk pengamanan terhadap layanan telematika (Jaringan Komputer) salah
satu yaitu dengan cara: Autentikasi (Pengenalan). Autentikasi yaitu proses
pengenalan peralatan, system operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user
yang terhubung dengan jaringan computer. Autentikasi dimulai pada saat user
login ke jaringan dengan cara memasukkan password.
Sumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar