Sabtu, 03 Mei 2014

Kajian Dalam Bidang Multi Disiplin Ilmu Linguistik dan Komputasi

Linguistik adalah ilmu yang mengkaji seluk-beluk bahasa secara umum. dalam bidang linguistik terdapat beberapa kajian, salah satunya dari kajian itu adalah kajian tentang makna, baik makna sebenarnya maupun makna kiasan. Ilmu yang mempelajari makna disebut semantik. Semantik sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia karena bahasa yang digunakan manusia sebagai alat komunikasi haruslah memiliki makna yang tepat agar terjadi komunikasi yang efektif terhadap teman atau mitra bicara. Linguistik tidak mempelajari bagaimana menggunakan sebuah bahasa, tapi mempelajari mengapa sebuah bahasa digunakan dan unsur-unsur apa saja yang terkandung dalam sebuah bahasa .

Secara umum iImu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Ilmu komputasi dengan linguistik memiliki hubungan satu sama lain. Sebagai contoh dalam penerapan suatu bahasa komputer yaitu bahasa pemrograman tentunya akan perlu mendefinisikan bahasa program bagaimana semantiknya yang sesuai untuk nantinya diolah oleh programmer. Tujuannya agar nantinya proses pengolahan program yang dibuat tidak menimbulkan kesalahan dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. 

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar